h1

Mencari Pendamping :p

December 28, 2005

Pendamping kami saat melahirkan tentunya, Insha Allah.

Karena ternyata mas gag sanggup sendirian mendampingi masa2 akhir kehamilan, proses kelahiran, dan minggu2 pertama bayi di rumah. Gag kebayang kali ya… bagaimana dia manjadi satu2 nya orang yang ‘berdaya’, tempat bergantung aku dan bayi, dua orang yang masih lemah. Cieeehhhh heueue…

Perasaan itu sih wajar2 aja ya.. lagian namanya orang kan beda2. Ada yang tegar2 gag taunya malah pingsan duluan liat istrinya sakit mules. Ada juga yang bodynya keker gede, gag taunya ikutan meraung2 pas istrinya ngepush, heheh.. daripada kenape2 (dengan mas:-p) yah apa salahnya mengundang mamah dan bapak kesini.

Kok mamah dan bapak? Gag mamah dan ibu, atau yang lain? Hahah.. ketahuan deh sebetulnya aku juga yang kepengan mereka kesini. Yaa… namanya si bungsu mo ngelahirin pertama di negeri orang yaaa.. masa dibiarkan sendiri… alesaaaan alesaaan hihihi…

Well.. intinya sejak 2 buan kita dah nyusun rencana ini-itu untuk kedatangan mamah dan bapak. Mereka juga dah siap passport dan appoinment interview visa di kedubes US Jakarta. Insha allah, tanggal 23 januari.

Hari kamis kemaren kita paketin dokumen2 yang sekiranya diperlukan. Pake Fedex, rencananya tanggal 27 sudah sampai, ternyata tanggal 28, hari ini, diterima di alamat tujuan. Woww keren deh ah.. Tepat waktu dong ya…worthy deh dengan ongkos kirim segitu.
Walupun sempet dicurigai tersendat di bea cukai karena ada barang yang harus kena tax dan kita belum bayar biaya apa2 lagi selain ongkos kirim. Untung deh itu salah prosedur saja, wong dokumen pribadi kok kena cukai.

Eh tapi tanggal 28 itu sampai di Kang Hakim, kakaknya Mas Akhmadi (suami kakak kembarku, Rina, panjang amat ya:-P). Yaaa.. maklum, maklum.. ternyata zip code Kuningan gag bisa dilayani oleh Fedex, jadi kita nebeng alamat Kang Hakim di Cirebon. Terima kasih ya Kang Hakim dan keluarga. Semoga Allah membalas kebaikan ini.

Sekarang tinggal menunggu visa nih. Bismillah semoga lancar semuanya. Rencananya mereka tiba disini pertengahan April, 2 minggu sebelum due date (awal april saja, kata mas, hahahah… :p).

Advertisements
h1

21W 5D, 4th Visit

December 27, 2005

BB = 143 lb
Urine = normal
Tekanan darah = 128/70
Jantung bayi = 148-153

Konsultasi tentang swelling, heartburn, bad taste pada mulut, dan gerakan bayi.

Swelling wajar jika sekali-kali dan tidak besar. Swelling biasanya pada wajah ketika bangun tidur, kaki, jari kaki, dan angkle disebabkan beban pada kaki terlalu lama.
Heartburn juga biasa pada wanita hamil. Bad taste pada mulut berhubungan dengan heartburn yang ditimbulkan oleh produksi berlebih asam lambung. Jika aku gag bisa handle, aku bisa minum obat overcounter, dokter sudah memberi list obatnya.
Hasil Complete USG bulan lalu semua normal, kecuali. Ya, KECUALI:

Aku mengalami Complete Placenta Previa. Perasaan gag enak ketika dokter menyebutkan itu. Mungkin feeling sebagai wanita hamil karena aku sendiri belum tau apa2 tentang PP ini. Dokter dengan santai menjelaskan sekilas PP. Aku diminta tidak hawatir. Yang penting bagiku: istirahat, jangan mengangkat yang berat2, kerja berat untuk menghindari bleeding. Segera hubungi dokter ketika spoting, bleeding, atau cramping.
Alhamdulillah so far aku tidak mengalaminya.

Dokter menjelaskan PP ini baru bisa disimpulkan pada minggu ke-28, awal februari. Akan diketahui dengan USG. 75% PP pada trimester kedua akan hilang, dan plasenta bergerak menjadi tidak menutupi jalannya kelahiran terdorong oleh pertumbuhan uterus. Maka Insha Allah semua kembali ke jalur normal.
Jika pada USG tersebut tidak ada perubahan. Waw…. ini dia… aku mendapat pemantauan extra. Hindari bleeding. Proses kelahiran kemungkinan besar dengan c-section untuk menghindari kemungkinan2 bleeding yang lebih parah.

I still wonder what is Complete PP ’till I search it on internet. Then suddenly deep inside, I feel I lost my balance. And I remember what dr Karyn said in the end of the visit: “Take care of your belly.” Something wrong could happen to us and we have to face it. Bismillah.

-Dapet bag kecil lagi dari enfamil
-Pre-registration ke RS untuk delivery
-Visit berikutnya mempersiapkan diri untuk diabet test
-Next visit: 01/24

h1

Complete USG

December 8, 2005

Ini dia yang ditunggu2. Teman2 bilang complete USG ini menakjuban sekali. Mereka mengambil semua keterangan dan ukuran kehamilan. Jadi USG dilakukan cukup lama 30-40 menit.

Jam 7 pagi kita menuju RS ST Joseph West. Perjalanan sendiri ditempuh 20 menitan dan waktu appoinment kita jam 8 tepat dan kita harus tiba 15 menit sebelumnya. Pastina untuk registrasi. Tapi lucunya, petugas registrasi belon pada dateng tuh. Jadi kita USg dulu, registrasi belakangan.

Ruangan USG kecil dan gelap. Mesin USG dan printernya saja mengisi separuh ruangan. Aku langsung laydow di ranjang periksa (apa sih namanya, kok ranjang kek apa aja heheh). Petugas bernama Merry nanya2 dulu apa aku punya keluhan selama hamil seperti spotting, bleeding, atau cramping. Aku jawab tidak. Dan dia juga nanya apa di keluargaku ada riwayat kelainan kehamilan. Jawabku tidak, hanya kedua kakakku melahirkan 2 kali dengan c-section.

Kemudian USG dimulai.. jrenggg ketika alatnya digeserkan di perutku, aku bisa melihat sekilas tangan atau kakik bayi dengan jemarinya. Ahhhh namun pertunjukan pertama bukan itu. heheh.. so Merry menunjukan yang lain. Uterus, plasenta, dll. Kemudian kepala bayi.. wow.. diukur lingkarnya, dicatat. Hidung dari dagu, kemungkinan untuk melihat adanya bibir sumbing. Kemudian yang lain.. tangan, kaki, jari2, tulang belakang… dia gerak2.. ahhh bahkan aku gag merasakannya.

Aku dan mas tercekat dalam diam. Takjub, kangen dengan bayiku, rasanya ingin segera menggendongnya. Kemudian Merry nanya: mo tau sex nya gag.. heheh… kita malu2 bilang mau. Abis bingung juga sihh.. ya deh mau saja.. dan…. It’s a boy. Haaa… kita ketawa2 mengingat selama ini mindset kita girl. Gara2 baca2 dan ngobrol2 ama teman. Biasa lahhh hiburan, gag bermaksud serius atau melangkahi kenyataan.

Eh… aku sampe nanya: yakin nih nurse? Merasa keahliannya gag dipercaya, hihii.. si nurse balik lagi nyari sexnya si baby.. dan nampak jelas sekali kalo dia laki2. heheh .. maaph ya nak, sampe ditonton gitu.

Boy

smiley faceScanning dilanjutkan dengan 3D. Wajahnya kelihatan lebih chubby, dan nampak dia tersenyum (diclaim ama bapaknya nih, seperti dia katanya, murah senyum :-p). Ahh rasanya waktu hampir 40 menit terasa sangat singkat. Bener2 gag sabar menunggu kehadirannya.

Kita mendapatkan beberapa print-out 2D dan 3D. Namun kita gag bisa mendapat infrmasi dari Merry apakah hasil penglihatan dia itu semuanya normal. Semoga saja ya…

Kita pulang dengan perasaan berbunga2. Seperti sudah melihat bayinya saja. Apalagi ketika keluar RS salju turun dengan lebat. Butiran2 besar dan ringan membuat suasana semakin syahdu.. ciee ciee…..

The moment is belong to us.

h1

17W 5D, 3rd Visit

November 29, 2005

BB = 134
Urine = Normal
Tekanan Darah = 140/70, 117/70. 122-70
Jantung bayi = 150

Gag banyak yang dikonsultasikan. So far so good.

-Appoinment Complete USG 1 atau 2 minggu ke depan. Kita pilih minggu depannya, hari kamis tanggal 8, penasaran sih.. hehe…
-Dapet dokter note untuk pengurusan visa mamah dan bapa
-Dapet package diapers bag dari enfamil. Gratis… tapi tetep yak, nothing free, kta harus isi2 data buat nerima iklan2. Hmmm 🙂
-Next visit: 12/27

h1

Drive Away & First Pregnancy Outfit

November 28, 2005

Jalan-jalan Jauh

Dah lama gag jalan2 jauh. Terakhir di awal kehamilan rencana jalan2 jauh ribuan mile ke Yellowstone batal karena tau hamil ini. Sekarang kehamilan memasuki trimester kedua, bulan ke-4, waktu yang tepat kalo mau jalan2. Sekaligus mas libur thanksgiving kamis kemarin. Asaaaal: jangan lupa sering berhenti untuk meluruskan kaki dan makanan tetap dijaga. Sip sip…

O’Fallon-Kansas City-South Dakota (18 jam)
Rabu jam 8.30 pm dari rumah menuju KC. Janjian ama mom Fitri yang katanya mau ikutan. Bangku belakang yangs empit dah tersedia heheh… Sampe di KC jam 12 malam, ternyata dia gag ikut karena 1 dan lain hal. Jadi kita tukeran Siomay dengan bubur ayam seafood saja. Hmmmm yummy nih mom, ntar pesen yak.. 2 (maruk :-P).
Perjalanan dilanjutkan menuju utara melewati Nebraska, kemudian masuk ke South Dakota, tiba di tujuan utama: Mt Rushmore jam 4 sore. Malamnya nginep di penginepan dan besok paginya melanjutkan ke beberapa obyek sekitar Mt Rushmore.

South Dakota-Minneapolish (10 jam)
Tiba hari Sabtu, istirahat di penginapan, malamnya ke Mall of America. Minggu pagi muter2 di downtown kemudian pulang.

Minneapolish-OFallon (15 jam)
Rutenya melalui Madison, WI kemudian IL dan masuk St Louis. Sampe dirumah jam 12 malem. Hhhhhh capeeek

Perjalanan kita tempuh dengan santai. Banyak berhenti untuk pee, meluruskan kaki, makan, dan sholat. Aku sendiri seringnya gelaran sleeping bag di bangku belakang.
Total perjalanan: 4hari 2jam, total milage: 2600 ml. Good nak.. semoga kamu baik2, besok kita check ke dokter yaaa 🙂

First Pregnancy Outfit

Di Mall of America kita masuk ke toko maternity bernama: Motherhood. Iiihhh senng deh liat2nya. Aku langsung pilih2 deh, dan beli 2 atasan dan sebuah bawahan. Inilah pregnancy outfit pertamaku. Karena sebelumnya aku beli2 training dengan ukuran XL saja.

Pregnancy Outfit Pregnancy Outfit
Hmmm seneng juga ya..hamil itu (yang sudah gag mabuk ngomong gini nih :-P). Nyoba2in baju hamil kek apaaa gitu. Biarpun perut buncit tapi feeling glowing, bener deh kata buku. Masuk ke trimester kedua, ketika mabuk hilang, dan badan mulai fresh, akan muncul perasaan berbunga2 menyadari kalo kita hamil. Cieee…. hhhhhh.. sebelum protes atau menyepelekan, silakan hamil dulu 😀

h1

13W 5D, 2nd Visit

November 1, 2005

BB = 120 lb
Urine = normal
Tekanan darah = 170/120
jantung bayi = 140

Hanya sedikit konsultasi, kemudian mengukur jantung bayi dengan menggunakan alat Dopler. Terdengar suaranya keras wuis.. wuis… wuis… heheh.. gag bisa menggambarkannya. Keras sekali dan timbul tenggelam disebabkan dia bergerak2.

Kemudian dr Fawler menawarkan pengambilan darah 2 minggu ke depan sebagai rangkaian awal Quadruple Screen Test yaotu test untuk mengetahui adanya downsyndrome pada bayi. Jika kita bersedia, kita tinggal telepon dan kembali dua minggu lagi untuk pengambilan darah. Pengambilan darah sendiri tidak berpengaruh apa2, nothing to loose. Namun jika hasilnya positip, maka kita bisa melanjutkan pada rangkaian test2 lain yang lebih kompleks. Jika kita memutuskan untuk tidak mengambil test atau periksa darah, kita tidak perlu ngapa-ngapain, nor telepon.

Oke deeh.. kita pikirin. Tentunya search informasi dulu deh yaaa… Namun naga2nya sih condong ke gag akan ngambil sih ya… bismillah, semoga semua beres.

-Next visit: 11/29
-Minta dokter note untuk keperluan apply visa mamah dan bapak

h1

9W 5D, 1st Visit

October 4, 2005

BB = 116 lb
Urine = Normal
Tekanan Darah = 117/70
Jantung bayi = 140

OB/G = dr Karyn Fawler
Nurse = Sherley
Namanya visit pertama, deg2an dong, seperti apa. Pertama datang disuruh tampung urine dan dipesenin selalu begitu setiap visit tanpa diminta. Okie dokie…
Pas nimbang badan, sama sekali gag ada kenaikan sejak pertama tau hamil. Bersyukur gag turun disebabkan mabuk berat itu.

Di dalam sama nurse masih juga di test pake test-pack. “So now you are sure that you are pregnant” heuheu.. tau aja lu. Karena ternyata aku ini masih gag percaya a;at (walopun udah 2) dan gag pede juga kalo hamil (walopun dah mabuk 7 keliling).

Kemudian mengisi banyak form, termasuk rencana breastfeeding. Pada intinya juga mencatat riwayat penyakit sejak kecil dan penyakit saudara/turunan. Yang jelas sih yang inget saja. Kalo lupa mo gimana lagi, termasuk chiken pox, pernah gag ya? hmmm

Aku juga menandatangani beberapa kesediaan pengambilan darah untuk test HIV, diabet, hepatitis, rubella, dan satu lagi lupa.

Menghitung EDD (Estimated Date of Delivery), DD nya jatuh pada May, 4 2006. Tepat seperti yang aku itung di rumah.

Selain itu juga dikasih banyak brosur related dengan kehamilan. Dan sebuah majalah yang berisi foto2 berwarna pertumbuhan janin dalam perut. AMAZE me.. really amaze me.. subhanallah…
Dilanjutkan oleh dokter Fawler, sedikit konsultasi, kemudian siap2 USG transvaginal. Euuuh… ngeri juga ya.. untung dah pernah papsmear. hehhe…

Saat USG ini ternyata bayi gag bisa kelihatan. Yang ada hanya uterus. Dokter sampe bingung dan hampir merkomendasikan aku ke RS untuk alat yang lebih canggih. Syukur akhirnya ketemu bayinya. Ngumpet ya nak 🙂
Nampak denyut jantung kelap kelip mengangumkan. Dan ukuran janin pun alhamdulillah sesuai standar.

9W 5D Sonography

-Next Visit: 11/1
-Dapet prescription untuk penawar mabuk